Arsitektur Von Neumann
Arsitektur Von Neumann
menggambarkan komputer dengan empat bagian utama yaitu Unit Aritmatika dan
Logis (ALU) yang merupakan bagian dari unit kontrol (cpu), media penyimpanan
(memory), dan alat masukan (input) dan hasil/keluaran (output) secara kolektif
dinamakan I/O. Dibawah ini adalah gambar arsitektur Von Neumann.
Dalam gambar menunjukan
begitu sederhananya arsitektur tersebut, berikut penjelasan dari empat komponen
tersebut.
1. Masukan (Input)
Perangkat ini memiliki
fungsi sebagai media untuk memasukkan data ke dalam processor untuk diolah guna
menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau perangkat masukan
yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard
dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer.
Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau
permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk memindai gambar agar dapat
di olah secara digital. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user
dapat melakukan suatu proses akses file sebagai pengganti mouse. Microphone,
untuk merekam suara ke dalam komputer dan masih banyak lagi.
2. Pemroses (CPU)
CPU atau Central
Processing Unit merupakan tempat pemroses dari intruksi-intruksi program,
bentuknya berupa chip yang terdiri dari jutaan IC. CPU terdiri dari dua bagian
utama yaitu Unit Kendali (control unit) serta Unit Aritmatika dan Logika (ALU).
Disamping itu, CPU mempunyai beberapa alat penyimpan yang berukuran kecil yang
disebut dengan register.
Unit Kendali (Control Unit)
Unit ini bertugas
mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer. Unit
kendali akan mengatur kapan alat input menerima data dan kapan data diolah
serta kapan ditampilkan pada alat output. Tugas dari unit kendali ini adalah :
Mengatur dan mengendalikan alat-alat input
dan output.
Mengambil instruksi-instruksi dari memori
utama.
Mengambil data dari memori utama (jika
diperlukan) untuk diproses.
Mengirim instruksi ke ALU bila ada
perhitungan aritmatika serta mengawasi kerja dari ALU.
Menyimpan hasil proses ke memori utama.
Unit Aritmatika dan Logika (ALU)
Tugas utama dari ALU
adalah melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai
dengan instruksi program. ALU melakukan operasi aritmatika dengan dasar
penjumlahan sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut adder. Tugas
lain dari ALU adalah melakukan keputusan dari suatu operasi logika sesuai dengan
instruksi program. Operasi logika meliputi perbandingan dua operand dengan
menggunakan operator logika tertentu, yaitu sama dengan (=), tidak sama dengan
(<> ), kurang dari (<), kurang atau sama dengan (<= ), lebih besar
dari (>), dan lebih besar atau sama dengan (>=).
3. Penyimpanan (Memory)
Memory mrupan media
penyimpanan data pada Komputer, jenis memory dibagi menjadi dua yaitu.
- RAM (Random Access Memory) RAM adalah memory utama bagi Komputer yang memegang arahan data yang akan diproses oleh Processor, Ram sendiri bersifat volatile. Artinya data yang disimpan didalamnya akan hilang ketika tidak di aliri arus listrik. Jenis RAM sangat bervariasi, diantaranya :
- DRAM (Dynamic RAM)
- SDRAM (Synchronous Dynamic RAM)
- SRAM (Statik RAM)
- RDRAM (Rambus Dynamic RAM)
- EDORAM (Extended Data Out RAM)
- DDR (Double Data Rate)
Kedepannya mungkin
jenis-jenis RAM akan terus berkembang, karena semakin berkembang pulasistem
komputer yang ada saat ini. Sehingga untuk menunjang kebutuhan komputasi yang
tinggi dibutuhkan performa komputer yang maksimal.
- ROM (Read Only Memory) ROM ini sifatnya permanen, artinya program / data yang disimpan didalam ROM ini tidak mudah hilang atau berubah walau aliran listrik di matikan. Proses menyimpan data pada ROM tidak dapat dilakukan dengan mudah, namun membaca data dari ROM dapat dilakukan dengan mudah. Sampai saat ini ada berbagai jenis ROM yang pernah beredar dan terpasang pada komputer, antara lain PROM, EPROM, EAROM, EEPROM, dan Flash Memory. Berikut ini uraian singkat dari masing-masing jenis ROM tersebut.
- PROM (Programmable Read Only Memory)
- EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory)
- EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read Only Memory)
- Flash Memory
4. Keluaran (Output)
Perangkat output adalah
perangkat komputer yang digunakan untuk menampilkan atau menyampaikan informasi
kepada penggunanya. Informasi yang ditampilkan oleh komputer merupakan hasil
dari pemrosesan yang telah dilakukan oleh komputer. Informasi yang diteruskan
oleh komputer melalui perangkat output dapat berupa tampilan di layar hasil
cetakan, suara, dan sebagainya. Perangkat output sangat banyak sekali jenisnya
diantaranya.
- Monitor
- Printer
- Speaker
- Infocus/Proyektor
- Plotter
Tidak ada komentar:
Posting Komentar