Minggu, 13 Januari 2019

RANGKUMAN PENULISAN & TUGAS SOFTSKILL

Tugas/Penulisan
Rangkuman Isi
Penulisan 1
Konsep Sistem Manajemen Informasi Sebagai Sumber Daya

Manfaat Sistem Informasi Sumber Daya Manusia (SISM)
1.    Personel Administration Adalah Fungsi Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Untuk Mendukung Terlaksananya Tata Kelola Administrasi Fungsi Sdm.
2.    Sistem Informasi Untuk Penyedia Data Dan Informasi Anggaran Dan Pembiayaan Tentang Sumber Daya Manusia.
3.    Sistem Informasi Untuk Rekomendasi Kegiatan Seleksi Dan Rekrutmen Penerimaan Karyawan, Kebijakan Mutasi Hingga Penempatan Para Karyawan Baru Tersebut Di Posisi-Posisi Yang Tepat
4.    Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Juga Menyediakan Informasi Tentang Pelatihan Dan Pengembangan.
5.    Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Mendukung Manajemen Kinerja Merupakan Upaya Monitoring Kesenjangan Antara Standar Kinerja Yang Diharapkan Dengan Aktual Kinerja Yang Ditunjukkan.

 
Penulisan 2
Pengguna Informasi Dipandang Dari Tingkat Manajemen Dan Area Fungsional Perusahaan 

Terdapat 3 (tiga) tingkat-tingkat manajemen, yaitu:
Stategic Planning Level (Tingkat Perencanaan Strategis)
Keputusan-keputusan yang diambil mempengaruhi seluruh organisasi pada tahun-tahun yang akan datang.
Management Control Level (Tingkat Pengendalian Manajemen)
Bertanggung jawab melaksanakan rencana dan memastikan tercapainya tujuan.
Operation Control Level (Tingkat Pengendalian Operasional)
   Bertanggung jawab menyelesaikan rencana-rencana yang telah ditetapkan oleh para manajer ditingkat yang lebih tinggi, tempat berlangsungnya operasi perusahaan.

Menurut Henri Fayol, manajer melaksanakan 5 (lima) fungsi-fungsi manajemen yang utama, yaitu: 
1.    Plan, merencanakan apa yang akan mereka lakukan 
2.    Organize, mengorganisasikan untuk mencapai rencana tersebut 
3.    Staff, menyusun staf organisasi mereka dengan sumber daya yang diperlukan
4.    Direct, mengarahkan untuk melaksanakan rencana 
5.    Control, mengendalikan sumber daya agar tetap beroperasi secara optimal
Penulisan 3

Evolusi Sistem Informasi Berbasis Komputer 

 

Tahapan perkembangan tersebut yaitu:

1.    Fokus awal pada Data (Electronic Data Processing – EDP)

Didukung dengan munculnya punched card dan keydriven bookkeeping machines, dan perusahaan umumnya mengabaikan kebutuhan informasi para manajernya.

2.    Fokus baru pada Informasi (Management Information Sistem – MIS)

Seiring dengan diperkenalkannya generasi baru alat penghitung yang memungkinkan pemrosesannya lebih banyak. Hal tersebut diorientasikan untuk konsep penggunaan komputer sebagai sistem informasi manajemen (SIM), yang berarti bahwa aplikasi komputer harus diterapkan dengan tujuan utama untuk menghasilkan informasi manajemen.

3.    Fokus Revisi pada Pengambilan Keputusan (Decision support sistem – DSS)

Merupakan hal yang berbeda dengan konsep SIM. DSS adalah sistem penghasil informasi yang ditujukan pada suatu masalah tertentu yang harus dipecahkan serta diambil keputusannya oleh manajer.

4.    Fokus sekarang pada Komunikasi (Office Automation – AO)

OA memudahkan komunikasi dan meningkatkan produktivitas di antara para manajer dan pekerja kantor melalui penggunaan alat-alat elektronik. Istilah lainnya dalam menggunakan semua aplikasi AO tersebut dinamakan dengan kantor virtual (virtual office)

5.    Fokus potensial pada Konsultasi (Artificial Intelligence/expert sistem – AI/ES)

Ide dasar AI adalah komputer dapat di program untuk melaksanakan sebagian penalaran logis yang sama seperti manusia. Sistem yang menggambarkan segala macam sistem yang menerapkan kecerdasan buatan untuk pemecahan masalah dinamakan dengan sistem berbasis pengetahuan (knowledge-bases systems)

Tugas 1

Model Sistem Informasi Berbasis Komputer 

 

1. SIA (Sistem Informasi Akuntansi)
Sistem informasi akuntansi melaksanakan akuntansi perusahaan, aplikasi ini ditandai dengan pengolahan data yang tinggi.
2. SIM (Sistem Informasi Manajemen)
Sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi pemakai dengan kebutuhan yang serupa dan integrasi manusia/mesin guna menyediakan informasi untuk mendukung fungsi operasional manajemen & pengambilan keputusan pada suatu organisasi.
3. SPK (Sistem Penunjang Keputusan)
SPK Sistem komputer yang interaktif yang membantu pembuat keputusan dalam menggunakan & memanfaatkan data & model untuk memecahkan masalah yang tidak terstruktur.
4. Otomatisasi Kantor / Office Automation / OA
Semua sistem elektronik formal & informal terutama yang berkaitan dengan komunikasi informasi ke dan dari orang-orang di dalam maupun di luar perusahaan.
5. Sistem Informasi Manufaktur (Manufacturing Information System)
Merupakan subsistem SIM yang menyediakan informasi untuk digunakan dalam pemecahan masalah manufaktur.
Penulisan 4

Manfaat, Kendala, & Strategi Perdagangan Elektronik (E-Commerce) 

 

Manfaat dari Perdagangan Melalui Elektronik
Perusahaan-perusahaan atau organisasi yang ikut serta dalam perdagangan melalui jaringan elektronik untuk mencapai perbaikan di seluruh organisasi. Perbaikan tersebut diharapkan menghasilkan tiga (3) manfaat utama :
• Pelayanan pelanggan meningkat;
• Hubungan dengan pemasok & masyarakat keuangan meningkat;
• Pengembalian atas investasi pemegang saham dan pemilik yang meningkat.

Kendala Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik
Tidak semua perusahaan ikut dalam perdagangan melalui jaringan elektronik. Hal tersebut dilakukan dengan alasan kehati-hatian setiap perusahaan yang ada, dengan kendala sebagai berikut :
• Biaya tinggi
• Masalah keamanan
• Perangkat lunak yang belum aman atau tersedia.

Strategi Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik
Perusahaan pertama-tama melakukan atau mengumpulkan intelijen bisnis sehingga dapat memahami peran potensial yang dilakukan setiap elemen lingkungan. Kemudian muncul komitmen untuk membentuk suatu sistem antar organisasi (inter-organizational system – IOS) melalui pertukaran data elektronik (electronic data interchange – EDI). IOS dicapai dengan mengikuti siklus hidup sistem (system life cycle – SLC) atau melakukan rancang ulang bisnis proses (business process renggineering). Hasilnya adalah sistem berorientasi jaringan dang meggunakan sambungan langsung, jaringan bernilai tambah, internet atau komuninasi.
Penulisan 5

Pengertian Dan Manfaat Pertukaran Data Elektronik 

 

Pengertian Pertukaran Data Elektronik
Pertukaran data elektronik (bahasa inggris: EDI atau Electronic Data Interchange, juga Electronic Document Interchange) adalah proses transfer data yang terstruktur, dalam format standar yang disetujui, dari satu sistem komputer ke sistem komputer lainnya, dalam bentuk elektronik.

Manfaat Pertukaran Data Elektronik
- Mengurangi Kesalahan
- Mengurangi biaya
- Meningkatkan efisiensi operasional
- Meningkatkan hubungan dengan mitra dagang
- Meningkatkan pelayanan pelanggan
Tugas 2

Contoh E-Commerce Di Indonesia

 

JD.com (juga dikenal sebagai JingDong Mall), yaitu perusahaan induk JD.ID, dibangun oleh Liu Qiangdong (dikenal sebagai Richard Liu) pada Juli 1998 sebagai toko fisik yang menjual produk magneto-optikal di Beijing, China, dengan nama Jingdong Century Trafing Co, Ltd. Situs daring B2C perusahaan tersebut naik daring di Januari 2004 dengan nama domain jdlaser.com lalu 360buy.com di 2007. Akhirnya nama domain diubah lagi menjadi JD.com di Maret 2013. Mengikuti launching situs daring perusahaannya, Liu dengan cepat mulai menambahkan jumlah tipe produk yang ditawarkan, dengan kategori-kategori seperti gadgets dan elektronik seperti smartphone dan komputer, buku, produk kecantikan, dll.
JD.ID mulai beroperasi di Indonesia sejak Oktober 2015. Pada awalnya, mereka fokus terhadap menyediakan pelanggan dengan produk elektronik dan gadgets yang sulit ditemukan, seperti iPad Pro dari Apple dan A2010 dari Lenovo yang baru launching pada akhir tahun 2015. Sejak itu mereka telah memperluaskan penawaran produk mereka dan memasukkan kategori seperti sepatu dan pakaian olah raga dan juga produk kecantikan dan kesehatan.
Penulisan 6

Arsitektur Komputer (Peralatan I/O, Pemrosesan Pusat & Penyimpanan Sekunder) 

 

1.     Peralatan Input
Perangkat input adalah perangkat yang dapat memasukan data dan perintah kepada komputer untuk kebutuhan lebih lanjut. Contoh perangkat input adalah Keyboard, Mouse, Microfon, dll.
2.  Pemrosesan Pusat dan Penyimpanan Sekunder 
   Alat Pemrosesan komputer adalah alat di mana instruksi – instruksi program di peruses untuk mengolah data yang sudah di masukan lewat alat input dan hasilnya akan di tampilkan di alat output. Alat pemroses terdiri dari central processor atau CPU dan main memory.
Bentuk Penyimpanan Sekunder :
RAM (Random Access Memory), jenis penyimpanan primer yang mudah hilang (volatile) karena data akan hilang jika listrik padam.
ROM (Read Only Memory), jenis penyimpanan sekunder yang bersifat non-volatile karena data disimpan secara permanent dan jika listrik padam data tidak akan hilang.
3. Peralatan output
Peralatan Output Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Peralatan output dibagi menjadi dua, yaitu : Softcopy device dan  Hardcopy device.
Penulisan 7

Software Operasi Dan Aplikasi Software

 

Sistem Operasi / Software Sistem
Sistem operasi Komputer adalah perangkat lunak komputer atau software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia.

Software Aplikasi
Software aplikasi atau software aplikasi adalah software program yang memiliki aktivitas pemrosesan perintah yang diperlukan untuk melaksanakan permintaan pengguna dengan tujuan tertentu.
Software aplikasi terdiri dari :
Bahasa pemrograman (programming language)
Program aplikasi (Application Program)
Program paket / paket aplikasi (packet program)
Program utilitas (utility program)
Games dan entertainment dan lain-lain.
Penulisan 8

Peranan Peralatan Input Dan Output Serta Software Dalam Pemecahan Masalah 

 

Peralatan Input
Beberapa alat input memiliki fungsi ganda, yaitu sebagai alat input dan juga sebagai alat output untuk menghasilkan data. Alat input/ouput demikian dikenal dengan terminal. Alat input langsung memungkinkan input diproses secara langsung oleh CPU melalui alat input tanpa terlebih dahulu dinmasukkan ke dalam media penyimpanan ekternal.
Peralatan Output
Output yang dihasilkan pengolahan data dapat digolongkan ke dalam 4 macam bentuk, yaitu : tulisan, image, suara, dan bentuk yang hanya dapat di baca dan dimengerti komputer. Tiga yang pertama adalah output yang dapat dipergunakan langsung oleh manusia, sedangkan yang ke empat digunakan sebagai input untuk proses selanjutnya atau sebagai input komputer yang lain.
Software
Perangkat lunak (software) adalah satu atau kumpulan dari beberapa program. Perangkat lunak sistem melaksanakan tugas-tugas dasar yang diperlukan semua pemakai komputer yang berhubungan dengan perangkat keras. Ada 3 jenis dasar perangkat lunak sistem: sistem operasi, penterjemah bahasa dan program utility.
Tugas 3

Arsitektur Komputer Dan Penjelasannya

 

Arsitektur Von Neumann
Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan empat bagian utama yaitu Unit Aritmatika dan Logis (ALU) yang merupakan bagian dari unit kontrol (cpu), media penyimpanan (memory), dan alat masukan (input) dan hasil/keluaran (output) secara kolektif dinamakan I/O. Dibawah ini adalah gambar arsitektur Von Neumann.
1. Input & Output
Perangkat input memiliki fungsi sebagai media untuk memasukkan data ke dalam processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Perangkat output adalah perangkat komputer yang digunakan untuk menampilkan atau menyampaikan informasi kepada penggunanya. Informasi yang ditampilkan oleh komputer merupakan hasil dari pemrosesan yang telah dilakukan oleh komputer.
2. Unit Kendali (Control Unit)
Unit ini bertugas mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer. Unit kendali akan mengatur kapan alat input menerima data dan kapan data diolah serta kapan ditampilkan pada alat output.
3. Unit Aritmatika dan Logika (ALU)
Tugas utama dari ALU adalah melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan instruksi program.
4. Penyimpanan (Memory)
Memory merupakan media penyimpanan data pada Komputer. Terdapat memori primer dan memori sekunder.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar