Senin, 23 Maret 2020

Pengantar E-Business (Materi 3)


PENGANTAR E-BUSINESS 


 A.    Model-model E-Business
    Model-model E-business antara lain:
1.     B2C (Business to Consumers): Interaksi yang dimungkinkan oleh teknologi antara organisasi dengan perorangan.
2.     B2B (Business to Business): Interaksi yang dimungkinkan oleh teknologi antara organisasi dengan organisasi (antar organisasi)
3.     C2C (Consumer to Consumer): Interaksi yang dimungkinkan oleh teknologi antara individu dengan individu
4.     B2G (Business to Government): Interaksi yang dimungkinkan oleh teknologi antara organisasi dengan pemerintah
5.     B2E (Business to Education): Interaksi yang dimungkinkan oleh teknologi antara organisasi dengan pendidikan


B.    Pengaruh E-Business atas Proses Bisnis
Electronic Data Interchange (EDI): adalah protokol Standar, ada sejak era tahun 1970, untuk secara elektronik mentransfer (mengirimkan) informasi antar organisasi serta dalam berbagai proses bisnis.

Keunggulan EDI:
1.     Meningkatkan tingkat akurasi
2.     Mengurangi biaya

ebXML:
1.     Standar untuk mengkodekan dokumen umum perusahaan seperti faktur penjualan, pengiriman uang, dan pesanan pembelian.
2.     Meniadakan kebutuhan atas software khusus untuk menerjemahkan dokumen yang dibuat oleh perusahaan yang berbeda.

Tradisi EDI adalah mahal. Dua perkembangan baru telah menyingkairkan halangan biaya ini, yaitu:
1.     Internet meniadakan kebutuhan atas pemakaian jaringan khusus milik pihak ketiga untuk mentransmisikan pesan EDI.
2.     XML: singkatan dari Extensible Markup Language – adalah satu set standar yang menetapkan isi suatu data dalam webpage

C.    Faktor-faktor Keberhasilan E-Business
Terdapat dua faktor penting dalam menetapkan keberhasilan langkah-langkah untuk masuk dalam e-business:
1.     Tingkat kesesuaian dan dukungan aktivitas e-business atas strategi keseluruhan perusahaan
2.     Kemampuan untuk menjamin bahwa proses e-business memenuhi tiga karakteristik kunci yang dibutuhkan dalam transaksi bisnis apapun, yaitu :
a)     Validitas
b)    Integritas
c)     Privasi

D.    Infrastruktur untuk E-Business
Infrastruktur kunci publik (IKP): yang mempergunakan dua kunci :
1.     Kunci Publik tersedia untuk public dan biasanya dapat dipergunakan untuk mengkodekan pesan.
2.     Kunci Pribadi, tetap rahasia hanya diketahui oleh pemilik kedua kunci tersebut, dan biasanya dapat dipergunakan untuk mengkodekan pesan.

Keuntungan & Kerugian Infrastruktur Kunci Publik (IKP)
1. Keuntungan
a)     Tidak menanggung kebutuhan kunci
b)    Lebih terjamin (aman) dari sistem kunci tunggal
2. Kerugian
a)     Lebih lambat dari sistem kunci tunggal


Tidak ada komentar:

Posting Komentar